Rabu, 25 April 2018

Terobosan kepala sekolah hebat

"Kepala Sekolah yang hebat akan menghasilkan Sekolah yang hebat" (New Leaders, 2016)


Sekolah yang hebat umumnya memiliki beberapa karakteristik antara lain nilai-nilai yang kuat, misi yang jelas, harapan yang tinggi akan pencapaian guru dan siswa, dan kepala sekolah yang luar biasa yang mampu mencapai visi sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, Kepala Sekolah yang efektif mempengaruhi 25% total keberhasilan sekolah, kedua setelah pembelajaran di kelas. Kepala sekolah yang efektif juga berpengaruh langsung pada prestasi siswa. Penelitian mengungkapkan bahwa prestasi siswa di sekolah dengan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dua puluh poin lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi siswa di sekolah yang dipimpin oleh Kepala Sekolah yang memiliki kemampuan rata-rata (Marzano, et all (2005)).

Jean Desravines, dkk dalam bukunya Breakthrough principals: A step by step guide to building stronger schools, memberikan kerangka dan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk menghasilkan perubahan yang dramatis (terobosan) di sekolah khususnya berkaitan dengan prestasi siswa dan kualitas sebuah sekolah. Kerangka tersebut dikenal dengan Transformastional Leadership Framework (TLF).

Melalui kerangka Transformastional Leadership framework (TLF), mereka mendorong Kepala Sekolah untuk melakukan terobosan dalam 5 (lima) aspek yaitu proses pembelajaran, budaya sekolah, rekrutmen staf, managemen sekolah dan kepemimpinan personal.

Dua aspek yang pertama yakni proses pembelajaran dan budaya sekolah mengarahkan kita untuk fokus pada prestasi siswa dan harapan yang tinggi akan semua semua pegawai disekolah. Dua aspek sesudahnya yakni rekrutmen pegawai dan managemen sekolah adalah faktor penting dalam mendukung agar dua hal yang pertama dapat terlaksana dengan baik. Sedangkan aspek terakhir yaitu kepemimpinan personal adalah aspek yang paling penting dan berkaitan kemampuan Kepala Sekolah menginspirasi guru dan siswa untuk percaya bahwa setiap anak dapat berhasil dengan kerja keras dan pemberian dukungan yang tepat. Selengkapnya terkait TLF ini dapat anda download di link berikut:
http://newleaders.org/research-policy/transformational-leadership-framework/

Selain kerangka ini, Tanoto Foundation tempat saya bekiprah mengembangkan sebuah kerangka pengembangan sekolah dengan pendekatan menyeluruh (whole school development). Pendekatan ini berfokus bagaimana seorang Kepala Sekolah dapat mengembangkan kemitraan antara Kepala Sekolah, Pengawas, Komite Sekolah, dan guru untuk meningkatkan mutu di sekolah. Pendekatan ini mendorong Kepala Sekolah untuk fokus pada peningkatan proses pembelajaran, budaya membaca, managemen sekolah dan peran serta masyarakat.  

Pada prinsipnya apapun yang menjadi kerangka pengembangan sekolah, semua pengembangan sekolah harus membantu siswa dapat belajar dengan maksimal dan menghilangkan semua hambatan yang menghalangi siswa mengeluarkan yang terbaik dari dirinya. Semoga bermanafaat. 

Sumber bacaan:
Jean Desravines, et. all. 2016. Breakthrough principals: A step by step guide to building stronger schools. 
Tanoto Foundation. 2018. Modul Pelatihan Kepala Sekolah dan Pengawas Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation
http://newleaders.org/research-policy/transformational-leadership-framework/
Labuhanbatu Selatan, 25-26 April 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kombinasi Berbagai cara Menyampaikan Pembelajaran

  Ragam cara melaksanakan pembelajaran: ceramah, kegiatan individu, dan kegiatan kelompok. Dalam melaksanakan pembelajaran, berbagai kombina...