Berpikir di luar kotak? Jangan lakukan itu. Jangan pernah berpikir tentang itu. Pasti jangan katakan itu! Saya mengatakan ini karena frasa itu klise yang tidak memberi tahu kita apa-apa tentang apa yang melibatkan menjadi kreatif atau bagaimana menjadi lebih kreatif. Jika ada, itu membatasi pemahaman kita tentang kreativitas.
Jadi, apa itu kreativitas dan bagaimana kita mendefinisikannya tanpa menggunakan klise yang tidak berguna? Saya lebih suka menggunakan penjelasan yang berasal dari Dr. Cyndi Burnette, Direktur Kreativitas dan Pendidikan.
“Pemikiran kreatif lebih dari sekadar menghasilkan ide-ide baru. Ini tentang menjalani hidup dengan cara yang terbuka, autentik, dan penasaran. Ini adalah pola pikir dan pendekatan untuk semua yang kami lakukan."
Penjelasan di atas memberikan wawasan tentang apa yang menjadi kreatif. Kita harus tetap terbuka terhadap alternatif, menjadi otentik dengan upaya kita, dan tetap ingin tahu tentang dunia. Meskipun masih belum spesifik tentang mendefinisikan kreativitas, itu memberikan penjelasan yang jauh lebih praktis. Saya akan memberikan lebih banyak cara untuk dengan sengaja mendiskusikan kreativitas setelah kita melihat sejarah di balik frasa "Berpikir di luar kotak."
Asal usul "Berpikir di luar kotak."
Pada tahun 70-an dan 80-an, konsultan manajemen menggunakan sesuatu yang disebut masalah 9-titik untuk menunjukkan pentingnya menantang asumsi dan berpikir secara berbeda.
Jangan scroll ke bawah terlalu jauh, jawabannya setelah paragraf berikutnya.
Di atas adalah gambar dari masalah 9-titik. Saya mendorong Anda untuk mencoba menyelesaikannya sendiri sebelum melihat jawabannya setelah paragraf berikutnya. Tujuannya adalah untuk menghubungkan semua 9 titik menggunakan 4 garis lurus tanpa mengangkat pena/pensil Anda. Silakan, cobalah.
Jawaban
Untuk solusi tambahan, lihat Sejarah Masalah Sembilan Titik — Seni Bermain
Ini adalah tugas yang sulit tidak diragukan lagi, dan yang membutuhkan kreativitas. Anda harus "berpikir di luar kotak" untuk menyelesaikan masalah. Kami biasanya menganggap ini berarti berpikir secara berbeda atau menghindari solusi tradisional. Ironisnya, kita tidak "berpikir di luar kotak" atau menjadi kreatif ketika kita memuntahkan klise tanpa berpikir ini. Just sebaliknya. Kami memperkuat asumsi bahwa kreativitas memiliki beberapa sakelar hidup/mati dan orang-orang memahami apa yang harus dilakukan ketika kami mengatakan ini. Sebaliknya, kita dapat belajar tentang subjek kreativitas untuk mengembangkan kosakata yang akan membantu kita dengan sengaja berbicara tentang kreativitas.
Apa yang harus kita katakan dan lakukan?
Kreativitas jauh lebih dari sesuatu yang terjadi di dalam atau di sekitar kotak. Itu bukan sesuatu yang bisa disimpulkan menggunakan klise tanpa pikiran. Ini adalah studi - seperti sains atau matematika.
"Cara terbaik untuk menjadi lebih kreatif adalah dengan belajar tentang kreativitas." ~ Beberapa pria di Konferensi Kreativitas Universitas Oregan Selatan 2019.
Sebaliknya, kita bisa menggunakan bahasa yang disengaja yang memiliki makna praktis. Beberapa konsep yang bisa kita gunakan adalah pemikiran yang berbeda, menggabungkan ide, dan keterbatasan. Anda dapat menemukan penjelasan singkat di bawah ini.
Pemikiran yang berbeda adalah ketika kita memikirkan banyak solusi untuk suatu masalah, atau banyak kegunaan untuk suatu objek. Itu adalah dasar dari semua pemikiran kreatif. Ada juga 4 pedoman yang dapat kita gunakan untuk mencapai potensi penuh kita.
1. Jangan menilai idenya.
2. Pikirkan ide-ide liar, gila, mustahil, dan konyol.
3. Pilih kuantitas daripada kualitas.
4. Bangun ide orang lain.
Keterbatasan membantu kita untuk menjadi lebih kreatif karena mereka mengambil apa yang akrab dan memaksa kita untuk mengeksplorasi solusi alternatif. Tanpa batasan, kita mungkin mengulangi apa yang kita ketahui dan tidak pernah menemukan cara berbeda untuk menyelesaikan masalah.
Menggabungkan ide adalah tindakan lain yang mengarah pada hasil kreatif. Bisa dikatakan bahwa semua kreativitas adalah hasil dari menggabungkan ide-ide sebelumnya. Semakin tidak terkait ide-idenya, semakin besar potensi yang mereka miliki untuk menjadi kreatif.
Bagaimana kita bisa menggunakan istilah-istilah ini daripada mengatakan "berpikir di luar kotak"? Katakanlah kita perlu menemukan cara untuk mengumpulkan uang karena kita telah kehilangan dana dari donor utama. Kita dapat mengakui bahwa kita dihadapkan dengan batasan yang membutuhkan solusi kreatif. Selanjutnya, kita bisa menghabiskan waktu menggunakan pemikiran yang berbeda tentang cara-cara yang mungkin berhasil. Penting untuk memahami 4 pedomannya untuk secara sengaja menciptakan pemahaman dan lingkungan yang aman yang memberdayakan kreativitas. Karena kita berpikir berbeda, kita dapat memutuskan untuk menggabungkan ide - ide apa yang mungkin kita gabungkan dengan penggalangan dana, atau ide apa yang paling tidak terkait yang mungkin kita gabungkan dengan mengumpulkan uang?
Memahami pemikiran yang berbeda dan 4 pedomannya menawarkan metode yang telah terbukti yang membantu kami menemukan solusi kreatif. Menyadari bahwa kita dihadapkan dengan keterbatasan dapat membantu membingkai ulang masalah dengan cara positif yang memberdayakan kita untuk merangkul peluang kreatif. Karena kita tahu bahwa semua kreativitas adalah hasil dari menggabungkan ide-ide sebelumnya, kita dapat dengan sengaja mencari solusi unik dengan menggabungkan ide-ide yang serupa, berlawanan, atau sama sekali tidak terkait. Memahami kreativitas membantu kita untuk berhati-hati dalam cara kita mendiskusikannya dan bagaimana kita mendekatinya.
Kita harus berhenti memberi tahu orang-orang untuk "berpikir di luar kotak." Mari kita masukkan klise ini ke dalam kotak dan bakar. Kami tidak menginginkannya. Itu menyakiti kreativitas kita dan melanggengkan persepsi negatif yang merusak potensi kreatif kita. Sebaliknya, kita harus belajar tentang subjek kreativitas sehingga kita dapat membicarakannya dengan intensionalitas dan dengan cara yang dipahami semua orang. Mari kita disengaja dan menggunakan istilah seperti pemikiran yang berbeda, keterbatasan, dan menggabungkan ide, hanya untuk beberapa nama. Mari kita ubah cara kita berbicara tentang kreativitas sehingga kita dapat membantu orang lain dan diri kita sendiri mencapai potensi kreatif kita.
Sejarah Masalah Sembilan Titik
Masalah sembilan titik adalah latihan berpikir lateral klasik yang mendapatkan popularitas luas di tahun 1970-an dan 80-an. Peserta disajikan dengan satu set titik yang disusun dalam kisi 3x3 dan ditantang untuk menghubungkan semua sembilan titik, tanpa mengangkat pensil mereka dari kertas, menggunakan jumlah garis lurus sesedikit mungkin.
Salin diagram sederhana di bawah ini ke selembar kertas dan coba teka-teki itu sendiri sebelum membaca lebih lanjut.
Solusinya mengharuskan seseorang untuk "berpikir di luar kotak" dan sementara beberapa berpendapat bahwa masalah sembilan titik berfungsi sebagai inspirasi untuk pergantian frasa populer ini, yang lain menunjuk ke tes kinerja kognitif dari tahun 1945 yang dikenal sebagai masalah lilin Duncker.
Dalam tes Duncker, peserta disajikan dengan lilin, buku korek api dan sekotak penuh pin dorong. Tantangannya adalah menempelkan lilin ke dinding sedemikian rupa sehingga ketika lilin dinyalakan, lilin tidak akan menetes ke meja... Solusinya membutuhkan penggunaan fungsional kotak yang pada awalnya, mungkin tampak disertakan hanya untuk menampung pin dorong.
Apakah masalah sembilan titik sebenarnya adalah inspirasi asli untuk metafora klise, teka-teki itu sendiri tentu saja mendahului frasa tersebut. Publikasi pertama yang diketahui adalah di Cyclopedia of Puzzles klasik Sam Loyd, 1914.
Padahal, dalam ringkasan karya Sam Loyd tahun 1959, Martin Gardner menggambarkan teka-teki khusus ini sebagai "tantangan geometris klasik" sehingga sembilan titik kemungkinan mendahului telur Loyd. Aspek abadi dari teka-teki adalah bahwa hal itu menyoroti cara pikiran kita cenderung memaksakan batasan yang tidak perlu pada metode menyerang masalah. Bagi mereka yang tidak terbiasa, solusi paling populer untuk teka-teki digambarkan di bawah ini.
Jelas, solusi ini mengharuskan seseorang untuk "berpikir di luar" "kotak" yang dibentuk oleh sembilan titik tetapi jika kita ingin sepenuhnya merangkul gagasan berpikir "di luar kotak", mengapa berhenti di situ? Ini adalah cara untuk memecahkan teka-teki hanya dengan menggunakan tiga garis lurus.
Solusi ini bahkan lebih jauh "di luar kotak" daripada yang pertama. Tetapi bagaimana jika kotak itu bukan kotak yang digambarkan oleh sembilan titik melainkan, selembar kertas tempat teka-teki dicetak? Jika kita berpikir di luar kotak ITU, adalah mungkin untuk memecahkan teka-teki hanya dengan menggunakan satu garis lurus.
Bahkan tanpa memanipulasi kertas, masih ada cara lain untuk memecahkan teka-teki hanya dengan menggunakan satu garis lurus.
Tentu saja, garisnya sangat panjang sehingga mengelilingi bumi dua kali tetapi tetap lurus dan memecahkan teka-teki dengan sukses. Jadi mungkin pelajaran terbesar dari masalah sembilan titik bukanlah untuk "berpikir di luar kotak" melainkan, bahwa ketika datang ke pemecahan masalah yang benar-benar kreatif, tidak ada kotak.
https://www.artofplay.com/blogs/stories/history-of-the-nine-dot-problem
Tidak ada komentar:
Posting Komentar