Senin, 26 Oktober 2015

Menjadi Sekolah Terbaik

Sekolah terbaik (the best school) menurut Thomas Armstrong adalah sekolah yang menggunakan wacana perkembangan manusia sebagai dasar dalam menjalankan proses pendidikannya. Sekolah yang tidak terlalu mengindahkan skor tes dan kekakuan kurikulum, tetapi  lebih menekankan kepedulian sekolah terhadap kebutuhan perkembangan nyata siswa mereka. Sekolah yang mengadaptasi kurikulumnya untuk mengembangkan kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa.

Untuk mewujudkan sekolah terbaik, Thomas Armstrong mendesak para pendidik untuk kembali kepada pada pertanyaan besar dalam pertumbuhan dan pembelajaran manusia. Bagaimana kita dapat membantu setiap anak mencapai potensi sejatinya? Bagaimana kita bisa menginspirasi setiap anak dan remaja untuk menemukan semangat dalam dirinya untuk belajar? Bagaimana kita bisa menghargai perjalanan unik setiap individu dalam menjalankan hidupnya? Bagaimana kita bisa menginspirasi siswa kita untuk berkembang menjadi manusia yang dewasa?

Perbandingan karakteristik wacana prestasi akademik dengan wacana perkembangan manusia:

Konteks
Pendekatan
Wacana Prestasi Akademik
Wacana Perkembangan Manusia
Tradisi Intelektual
Positivisme
Humanisme
Orientasi sementara
 masa depan
Masa lalu-masa kini-masa depan
Pendekatan utama pada penelitian
Kuantitatif
Kualitatif
Metode utama dalam penialian siswa
Ujian Nasional
Pengamatan alami dan dokumentasi
Struktur Kekuasaan
Mandat dari atas ke bawah
Ide disebar hingga tingkat dasar
Aspek pembelajaran  paling dihargai
Produk akhir
Proses sejak awal sampai akhir
Metode penilaian kemajuan siswa
Normatif
Partisipatif
Hal terpenting yang perlu diajarkan
Keterampilan akademik
Cara hidup sebagai manusia seutuhnya
Pihak terrpenting dalam pembelajara
Institusi ( sekolah, provinsi, negara)
Individu
Peran terpenting guru
Memenuhi instruksi institusi
Menginspirasi siswa untuk belajar
Dasar keabsahan pada…
Penelitian ilmiah
Kekayaan pengalaman manusia
Mata pelajaran terpenting disekolah
Membaca, matemtika, sains
Keterampilan hidup, seni, pendidikan, keterampilan, sains, dan hubungan diantaranya
Intinya
Nilai ujian tinggi, uang
Kedewasaan, kebahagian

                                                                             Sumber :Thomas Armstrong, The best School, hal. 75
Apakah Anda masuk sekolah guru dengan tujuan meningkatkan nilai ujian siswa? atau apakah Anda memillih profesi sebagai guru dengan tujuan membantu anak mencapai potensi utuhnya? Jawaban yang kita berikan kepada dua pertanyaan diatas akan menunjukkan sesungguhnya apa yang seharusnya kita lakukan pada tugas kita sebagai pendidik. Selamat berefleksi. 

“ Wacana prestasi akademik sangat dominan mempengaruhi pendidikan saat ini. Ini terjadi karena apa yang kita lakukan di sekolah tidak berkaitan dengan yang kita ketahui sebagai kegiatan pedagogi paling efektif untuk siswa. Bahkan, sebagaian besar sekolah negeri dipengaruhi oleh pertimbangan-pertimbangan sosial, politik ekonomi, dan budaya. Kepentingan utama siswa sering terlupakan”.


(David Elkind, The best school, pg. 14)

Sumber : Thomas Armstrong, The Best School

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kombinasi Berbagai cara Menyampaikan Pembelajaran

  Ragam cara melaksanakan pembelajaran: ceramah, kegiatan individu, dan kegiatan kelompok. Dalam melaksanakan pembelajaran, berbagai kombina...