Sekolah terbaik (the best school) menurut Thomas Armstrong adalah sekolah yang
menggunakan wacana perkembangan manusia sebagai dasar dalam menjalankan proses
pendidikannya. Sekolah yang tidak terlalu mengindahkan skor tes dan kekakuan
kurikulum, tetapi lebih menekankan
kepedulian sekolah terhadap kebutuhan perkembangan nyata siswa mereka. Sekolah
yang mengadaptasi kurikulumnya untuk mengembangkan kebutuhan, minat, dan
kemampuan siswa.
Untuk mewujudkan
sekolah terbaik, Thomas Armstrong mendesak para pendidik untuk kembali kepada
pada pertanyaan besar dalam pertumbuhan dan pembelajaran manusia. Bagaimana
kita dapat membantu setiap anak mencapai potensi sejatinya? Bagaimana kita bisa
menginspirasi setiap anak dan remaja untuk menemukan semangat dalam dirinya
untuk belajar? Bagaimana kita bisa menghargai perjalanan unik setiap individu
dalam menjalankan hidupnya? Bagaimana kita bisa menginspirasi siswa kita untuk
berkembang menjadi manusia yang dewasa?
Perbandingan
karakteristik wacana prestasi akademik dengan wacana perkembangan manusia:
Konteks
|
Pendekatan
|
|
Wacana
Prestasi Akademik
|
Wacana
Perkembangan Manusia
|
|
Tradisi Intelektual
|
Positivisme
|
Humanisme
|
Orientasi sementara
|
masa depan
|
Masa
lalu-masa kini-masa depan
|
Pendekatan utama pada penelitian
|
Kuantitatif
|
Kualitatif
|
Metode utama dalam penialian siswa
|
Ujian
Nasional
|
Pengamatan
alami dan dokumentasi
|
Struktur Kekuasaan
|
Mandat dari atas ke
bawah
|
Ide disebar hingga
tingkat dasar
|
Aspek pembelajaran paling dihargai
|
Produk
akhir
|
Proses
sejak awal sampai akhir
|
Metode penilaian kemajuan siswa
|
Normatif
|
Partisipatif
|
Hal terpenting yang perlu diajarkan
|
Keterampilan
akademik
|
Cara
hidup sebagai manusia seutuhnya
|
Pihak terrpenting dalam pembelajara
|
Institusi ( sekolah,
provinsi, negara)
|
Individu
|
Peran terpenting guru
|
Memenuhi
instruksi institusi
|
Menginspirasi
siswa untuk belajar
|
Dasar keabsahan pada…
|
Penelitian ilmiah
|
Kekayaan pengalaman
manusia
|
Mata pelajaran terpenting disekolah
|
Membaca,
matemtika, sains
|
Keterampilan
hidup, seni, pendidikan, keterampilan, sains, dan hubungan diantaranya
|
Intinya
|
Nilai ujian tinggi,
uang
|
Kedewasaan, kebahagian
|
Sumber :Thomas Armstrong, The best School, hal. 75
Apakah Anda masuk sekolah guru dengan tujuan meningkatkan nilai ujian
siswa? atau apakah Anda memillih profesi sebagai guru dengan tujuan membantu
anak mencapai potensi utuhnya? Jawaban yang kita berikan kepada dua
pertanyaan diatas akan menunjukkan sesungguhnya apa yang seharusnya kita
lakukan pada tugas kita sebagai pendidik. Selamat berefleksi.
“ Wacana prestasi akademik sangat dominan mempengaruhi pendidikan saat ini. Ini terjadi karena apa yang kita lakukan di sekolah tidak berkaitan dengan yang kita ketahui sebagai kegiatan pedagogi paling efektif untuk siswa. Bahkan, sebagaian besar sekolah negeri dipengaruhi oleh pertimbangan-pertimbangan sosial, politik ekonomi, dan budaya. Kepentingan utama siswa sering terlupakan”.
(David Elkind, The best school, pg. 14)
Sumber
: Thomas Armstrong, The Best School
Tidak ada komentar:
Posting Komentar