Kepala
Sekolah adalah guru yang mendapat tugas tambahan ( Surat keputusan Menpan No.
0296; 1996). Kepala sekolah negeri dipilih oleh pemerintah dan kepala sekolah
swasta dipilih oleh Yayasan. Menurut Gutek (1998), tugas kepala sekolah adalah
melaksanakan kebijakan atasan dan mengelola program pegajaran bagi peserta
didik yang memasuki sekolah. Pelaksanaan kebijakan dan pengelolaan meliputi
perencanaan sekolah, pengembangan staf, dan supervisi. Kepala sekolah bertugas
untuk menghimpun kekuatan, mengelola sarana dan prasarana yang ada, menegakkan
disiplin, merangsang semua personil sekolah untuk mencapai keberhasilan sekolah
yang dipimpinnya.
Menurut
Terry (1996) sebagai kepala sekolah, ada sepuluh hal tugas kepemimpinan kepala
sekolah yaitu: 1) menetapkan visi dan
misi; 2) menetapkan nilai; 20 menumbuhkan nilai; 4) memotivasi; 5) mengelola,
6) mencapai kesatuan kerja; 7) memberi penjelasan; 8) simbol pelayanan; 9)
Perwakilan kelompok, dan 10) pembaharu. Dan bila diilustrasikan dalam bentuk
tabel seperti berikut:
Tugas
Kepemimpinan
|
Perencaanaan
|
Pelaksanaan
|
Pengendalian
|
Pengawasan
|
Evaluasi
|
Menetapkan
visi dan Misi
|
X
|
||||
Menetapkan
nilai
|
X
|
||||
Menumbuhkan
Nilai
|
X
|
||||
Memotivasi
|
X
|
||||
Mengelola
|
X
|
||||
Kesatuan
kerja
|
X
|
||||
Memberi
taklimat
|
X
|
||||
Simbol
Pelayanan
|
X
|
||||
Perwakilan
kelompok
|
X
|
||||
Pembaharuan
|
x
|
X
|
Willian
Drake ( 1980) membagi tugas kepemimpinan kepala sekolah ke dalam lima belas
jenis tugas sebagai berikut:
NO
|
Administrasi
dan tanggung jawab kepemimpinan kepala Sekolah
|
Prioritas
|
||
Rendah
|
Sedang
|
Tinggi
|
||
1
|
Manajemen
Keuangan
|
x
|
||
2
|
Budget-
program reguler
|
X
|
X
|
|
3
|
Fasilitas
Fisik
|
X
|
||
4
|
Perlengkapan
dan peralatan
|
X
|
||
5
|
Personel
staf administrasi
|
X
|
||
6
|
Pengembangan
profesional staf dan administrasi
|
x
|
||
7
|
Keuangan
peserta didik
|
x
|
||
8
|
Pengembangan profesional staff
|
X
|
||
9
|
Pertumbuhan dan perkembangan peserta
didik
|
X
|
||
10
|
Kegiatan peserta didik
|
X
|
||
11
|
Pengembangan kurikulum
|
X
|
||
12
|
Peningkatan pengajaran dan Pembelajaran
|
X
|
||
13
|
Peningkatan sarana dan prasarana
|
X
|
||
14
|
Hubungan dengan masyarakat
|
x
|
X
|
|
15
|
Akuntabilitas teknologi pengajaran
|
x
|
Dari kelima belas tugas kepala sekolah di atas, William dan Drake (1980) mengatakan bahwa: priorotas utama kepala sekolah adalah pengembangan profesional staf, pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, kegiatan peserta didik, pengembangan kurikulum, peningkatan pengajaran dan pembelajaran, peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan sarana dan prasarana, hubungan dengan masyarakat, akuntabilitas teknologi pengajaran. Dengan lima prioritas tugas utama ini, kepala sekolah dapat mengembangkan sekolah dan staf untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam mencapai mutu yang diharapkan.
Rehat makan siang, hari ke tiga april 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar